Aneka Jenis Material Dinding

PDF Cetak E-mail
Selasa, 05 April 2011 10:44
batako_112Material apa yang baik untuk membangun dinding rumah? Apakah memakai bata, bata beton ringan, atau batako? Berikut ini adalah penjelasan yang dapat menjadi pertimbangan Anda agar tidak bingung lagi memilih material dinding rumah.

Bata merah

Material bata merah banyak dipakai sebagai material dinding. Bata merah yang terbaik kualitasnya saat ini berasal dari Garut, Jawa Barat. Ukuran normalnya adalah 5 x 10 x 20 sentimeter. Namun untuk daerah Jawa Tengah ukurannya agak berbeda, lebih tipis namun lebih lebar. Bata merah yang baik bisa dilihat dari bentuknya. Jika bata ini cukup rapi dan warnanya merah bata, artinya bata ini cukup baik dan proses pembakarannya cukup sempurna. Jangan memilih bata yang warnanya agak pucat dengan bentuk agak tidak beraturan. Bata seperti ini lebih mudah rusak saat pengiriman dan lebih sulit untuk membuat dinding yang rapi. Bata seperti ini juga boros semen dan pasir.

Batako

Batako standar memiliki ukuran 10 x 20 x 40 sentimeter kubik. Batako, walaupun memiliki ukuran yang lebih besar dari bata merah, namun secara keseluruhan lebih ringan daripada bata, sehingga lebih murah. Namun kekurangan batako karena bagian dalamnya kosong membuat dinding rumah nantinya tidak bisa dipaku (untuk menggantung hiasan dinding seperti frame foto dan lukisan). Hal ini yang membuat banyak orang kurang suka menggunakan batako sebagai material dinding rumah.

Batako akan sangat bagus bila diekspos tanpa finishing sama sekali. Desain rumah yang cocok untuk mengekspos batako non-finishing adalah rumah minimalis. Sangat sesuai dengan filosofi minimalis dan tentu juga membuat biaya bangun rumah menjadi lebih murah.

Pilihlah batako yang kualitasnya baik. Walaupun harganya lebih mahal tapi tidak apa-apa, karena lebih awet dan tidak mudah retak.

Bata beton ringan

Bata beton ringan akhir-akhir cukup naik daun. Di pasaran beredar dengan berbagai merek. Dengan beragam ukuran yang ditawarkan, bata beton ringan ini mempunyai banyak kelebihan dibandingkan bata dan batako. Karena bobotnya yang ringan serta ukurannya yang cukup presisi (buatan pabrik), membuat rumah yang menggunakan bata beton ringan ini bisa menghemat dari segi struktur dan acian dinding. Kekurangannya hanyalah, harganya jauh lebih mahal dari pada bata maupun batako, dan rumah yang menggunakan dinding bata beton ringan ini juga disarankan tidak menggunakan paku untuk menggantung hiasan dinding, melainkan memakai fiser dan skrup.                                           sumber : ciputraentrepreneurship.com