RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : ADMINISTRASI
PERKANTORAN
Kelas/Semester : XII
/ 5
Pertemuan Ke : 1-3
Alokasi Waktu : 6 Jam @ 45’
Standar Kompetensi : Mengelola
data/informasi ditempat kerja
Indikator
1.
Pengertian data/informasi
dipahami dengan benar
2.
Jenis-jenis data
diklasifikasikan dengan tepat
3.
Mampu merancang teknik
pengumpulan data dengan tepat
4.
Dapat mengumpulkan
data/informasi dengan akurat
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu menjelaskan
pengertian data/informasi dengan benar
2.
Siswa Mampu mengklasifiasikan
jenis data dengan tepat
3.
Siswa mampu merancang teknik
pengumpulan data/informasi
4.
Siswa mampu mengumpulkan data
internal organisasi mapupun eksternal organisasi
II.
Materi Ajar
§ Pengertian
informasi/data
§ Jenis-jenis data
§ Macam-macam teknik pengumpulan data
§ Macam-macam instrumen pengumpulan data
§ Identifikasi informasi yang diperlukan untuk
pengambilan keputusan oleh pimpinan dari semua unit organisasi
§ Identifikasi informasi dari luar yang diperlukan
untuk pengambilan keputusan oleh pimpinan
III.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
4. Penugasan
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke 1
1.
Kegiatan awal
a. Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti pembelajaran
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran
c. Apersepsi
2.
Kegiatan inti
a. Eksplorasi
·
Bersama-sama siswa mencari
arti/makna data dan informasi, jenis-jenis data/informasi melalui beberapa sumber
b. Elaborasi
·
Memberikan tugas kepada siswa untuk
mengelompokkan jenis-jenis data/informasi sesuai dengan klasifikasinya.
c. Konfirmasi
·
Mengadakan Tanya-jawab dan
penegasan-penegasan/kesimpulan
3.
Kegiatan akhir
a. Memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya
b. Mengakhiri dengan salam
Pertemuan Ke 2
1.
Kegiatan awal
a. Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti pembelajaran
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran
c. Apersepsi
2.
Kegiatan inti
a. Eksplorasi
·
Mempelajari teknik-teknik
pengumpulan data dan informasi, melalui beberapa sumber
b. Elaborasi
·
Memberikan tugas kepada siswa
untuk memilih teknik pengumpulan data/informasi yang paling sesuai bagi suatu
data/informasi.
c. Konfirmasi
·
Mengadakan Tanya-jawab dan
penegasan-penegasan/kesimpulan
3.
Kegiatan akhir
a. Memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya
b. Mengakhiri dengan salam
Pertemuan Ke 3
1.
Kegiatan awal
a. Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti pembelajaran
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran
c. Apersepsi
2.
Kegiatan inti
a. Eksplorasi
·
Mempelajari teknik menyusun
instrument pengumpulan data/informasi
b. Elaborasi
·
Memberikan tugas kepada siswa
untuk menyusun instrument pengumpulan data /informasi sesuai dengan
klasifikasinya.
c. Konfirmasi
·
Mengadakan Tanya-jawab dan
penegasan-penegasan/kesimpulan
3.
Kegiatan akhir
a. Memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya
b. Mengakhiri dengan salam
V.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.
Alat/Bahan
a. Komputer/Laptop
b. LCD Proyektor
2.
Sumber Belajar
a. Buku Mata Pelajaran
b. Internet
c. Modul
VI.
Penilaian
1.
Tes Tertulis
2.
Pengamatan
3.
Pemberian Tugas
Soal
1. Apakah yang dimaksud Data?
2. Sebutkan 3 teknik Pengumpulan data yang anda ketahui!
3. Apa Fungsi data/informasi bagi suatu organisasi?
Kunci Jawaban
1. Data adalah kumpulan fakta/keterangan yang memiliki arti bagi orang
yang membutuhkan
2. 3 teknik pengumpulan data yaitu: Observasi, Interview, Kuesioner
3. Fungsi data bagi organisasi adalah sebagai bahan pertimbangan dalam
pengambilan keputusan
Mengetahui : Purbalingga, Juli 2013
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
H. AHMAD SUDARNO, BE Sumitro,
S.Pd